Konstruksi kapal
Jenis jenis konstruksi
sistem konstruksi memanjang (longitudinal framing system)
pada sistem ini gading gading utama di pasang membujur bukan vertikal, dengan jarak diukur ke arah vertikal sekitar 700 mm - 1000mm dan dinamakan gading pembujur (side longitudinal), pada las juga di pasang pembujur pembujur ( bottom longitudinal) dan didalam alas (inner bottom longitudinal), pada dek juga dipasang pembujur pembujur (deck longitudinal), tetapi bukan berarti semua menggunakan pembujur pembujur karena pada bagian tertentu seperti sekat penumpu penumpu menggunakan sistem konstruksi melintang
sistem konstruksi melintang (transverse framing system)
Dalam sistem ini gading gading utama di pasang secara vertikal dengan jarak kerapatan sekitar 500 mm - 1000 mm tergantung panjang kapal, pada semua deck di pasang penumpu dan sekat sekat yang dipasang secara vertikal,
sistem konstruksi campuran (mixed framing system)
adalah gabungan dari dua sistem konstruksi kapal di atas
sekian semoga ada manfaat dari secuil ilmu ini, terima kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar